Soal Agusrin Masih Dipersoalkan

 


Agusrin M Najamuddin

 


     Jakarta — Kejaksaan Agung mengaku mendatangi Pengadilan Negeri Jakarta Pusat untuk mengambil salinan putusan bebas Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamuddin untuk mempercepat penyusunan memori kasasi perkara tersebut. "Senin (6/6), putusannya sudah diterima dengan mendatangi PN Jakpus," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Noor Rachmad, di Jakarta, baru-baru ini.

     Kejagung sudah mendaftarkan pengajuan permohonan kasasi putusan bebas Agusrin pada Rabu (1/6) ke PN Jakpus. Ia menjelaskan, jaksa bisa mengajukan kasasi atas putusan Agusrin tersebut, selama jaksa bisa menunjukkan bahwa putusan tersebut tidak bebas murni. Dikatakan, pihaknya memiliki tiga dasar untuk mengajukan kasasi, yakni ada penetapan hakim yang tidak sebagaimana mestinya. Kemudian, penuntut umum mempertanyakan apakah ada penyalahgunaan kewenangan oleh hakim. "Serta apakah cara mengadilinya tidak sesuai dengan aturan yang ada," katanya.

     Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memutus bebas Gubernur Bengkulu nonaktif, Agusrin M Najamuddin, atas tuduhan melakukan tindak pidana korupsi kas daerah Pemprov Bengkulu sebesar Rp20,16 miliar. Pimpinan majelis hakim yang memvonis bebas Agusrin, Syarifuddin, ditangkap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan suap pada kepalitan PT SCI (Sky Camping Indonesia).

     Sebelumnya, Komisi Yudisial mencurigai aroma tidak sedap terhadap hakim S yang menjadi pimpinan majelis hakim yang membebaskan Gubernur Bengkulu, Agusrin M Najamuddin, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. "KY sudah lama mengendus ketidakberesan atau bau tidak sedap penanganan perkara Agusrin, namun kami tidak bisa menindaklanjutinya karena itu bukan instrumen KY, melainkan KPK," kata komisioner KY, Suparman Marzuki, di Jakarta. (Sidi Hartono

Kirim Kometar Anda...!!!

Komentar Anda Akan Kami Muat di Metro Indonesia.


















© 2010 Surat Kabar Metro Indonesia OnLIne. All Rights Reserved

 

This free website was made using Yola.

No HTML skills required. Build your website in minutes.

Go to www.yola.com and sign up today!

Make a free website with Yola