Bangunan Belum Punya IMB

 

 

     “Kurang dari 50 persen bangunan masih belum mengurus IMB ke kita,” ujar Kabid Penyuluhan pada Badan Pusat Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPPTSP) Sarolangun Zaini, kemarin (19/5). Padahal, kata Zaini, pihaknya rutin melakukan penyuluhan dan sosialisasi terkait hal tersebut.

     Dikatakan Zaini, kebanyakan bangunan yang memiliki izin adalah bangunan baru berupa rumah toko (ruko), kantor pemerintah, dan perumahan yang dibangun oleh developer. Sementara rumah yang dibangun secara pribadi mayoritas masih belum memiliki izin. “Mereka hanya mau mengurus izin IMB jika ada kepentingan seperti akan mengajukan pinjaman bank saja,” ujarnya.

     Terkait masalah ini, Zaini yang didampingi Deby Gumanti, Kabid Penetapan BPTSP, mengaku tidak bisa berbuat banyak. Alasannya, pihaknya hanya sebatas mengimbau. Untuk urusan dan kewenangan penertiban berada pada instansi lain. “Kewenangan kita sebatas pengurusan izin,” ujarnya, lagi.
Jadi, katanya, meski pihaknya memiliki data bamgunan yang belum memiliki izin, namun usaha penertiban tidak bisa dilakukan tanpa ada koordinasi dengan Tata Kota dan Satpol PP. “Namun, khusus untuk rumah warga banyak pertimbangan yang harus dipikirkan terlebih dahulu jika memang harus ditertibkan,” ujarnya.

     Kepala Dinas Tata Kota Sarolangun Arief Ampera sebelumnya mengatakan, pihaknya sudah mengetahui bahwa sebagian besar bangunan yang belum memiliki izin merupakan rumah warga. “Untuk masalah yang satu ini kita sangat kesulitan dan butuh banyak pertimbangan. Namun khsusus ruko dan bangunan usaha jika tidak memiliki izin akan dirertibkan, termasuk jika ada bangunan yang menyalahi aturan,” tandasnya. (Donny/Arfan)


Kirim Komentar Anda...!!!

Komentar Anda Akan Kami Muat di Metro Indonesia.





















© 2010 Surat Kabar Metro Indonesia OnLIne. All Rights Reserved

 

This free website was made using Yola.

No HTML skills required. Build your website in minutes.

Go to www.yola.com and sign up today!

Make a free website with Yola