Bolmong Raya Sarang Illegal Logging


    Bolmong Raya, SULUT — Berkat kerja sama pihak keamanan kehutanan, aparat Kepolisian dan pejabat Dinas Kehutanan berhasil menyita ratusan meter kubik kayu illegal yang terdiri beberapa jenis ukuran. Di mana hasil tangkapan kayu illegal itu dari Operasi Tumotou yang diulakukan, dan semuanya tidak memiliki dokumen yang sah.

    Dari operasi tersebut memang terlihat menandakan tidak berhentinya para penebang kayu liar untuk mencurinya di hutan, sehingga seluruh jajaran aparat keamanan yang menerima laporan dari pihak kehutanan langsung menyisir melalui Operasi Tumotou dan berhasil menyita ratusan kubik kayu.
Hampir semua kayu yang tertangkap ini berasal dari kecamatan Bolaang Uki dan Kecamatan Pinolosian Bersatu. Pihak kehutanan selalu melakukan kordinasi dengan pihak kepolisian bila ada dokumen yang berhubungan dengan Dinas Hutbun, karena kadang ada izin yang sudah kadaluarsa tapi masih juga digunakan oleh pengusaha kayu.

    Namun beberapa pengusaha yang berada di Bolsel dan aktif mengelolah kayu izin mereka belum kadaluarsa. “Ada beberapa pengusaha yang masih memiliki izin,” ujar pihak Kehutanan kepada wartawan Metro Indonesia, yang mengikuti liputan langsung ke lokasi.

    Jikalau sampai izin diberlakukan maka dampaknya sudah pasti dirasakan oleh masyarakat, untuk itu hutan di wilayah Bolsel harus dilindungi, dengan alasan apapun sebaiknya jangan lagi mengeluarkan izin kepada siapapun yang mengelola kayu dengan alasan apapun. “Kalau daerah ini ingin dilindungi hutannya, maka sebaiknya jangan lagi mengeluarkan izin bagi pengelolah kayu,” ujar salah seorang pihak keamanan yang tidak mau disebutkan jati dirinya.

    Illegal logging menjadi target utama, sesuai perintah kapolda Sulut Brigadir Jenderal Polisi (Brigjenpol) Carlo Brix Tewu melalui Kapolres Bolmong Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Gatot Try Suryanto, Msi. Kegiatan illegal logging harus di berantas sampai tuntas oleh pihak kepolisian dan benar-benar harus pro aktif jangan sampai ada yang lolos.

    Sampai berita ini naik cetak, redaksi Metro Indonesia perwakilan Sulut dan biro Bolmong Raya belum menerima laporan dari Kepolisian serta nama-nama pelaku illegal logging yang berhasil ditangkap.

    Dalam edisi mendatang, Metro Indonesia akan membeberkan semua berita tentang kegiatan penebang liar tersebut sesuai dengan 5 W dan 1 H, yakni What (Ada Apa), Why (Mengapa), Who (Siapa), Where (Dimana), When (Kapan) dan How (Bagaimana kelanjutannya). (Albert)

Kirim Komentar Anda...!!

Back

 












© 2010 Surat Kabar Metro Indonesia OnLIne. All Rights Reserved

 

This free website was made using Yola.

No HTML skills required. Build your website in minutes.

Go to www.yola.com and sign up today!

Make a free website with Yola