17 Calon Jemaah Haji Kabupaten Sangihe Berangkat

 



 



     Sangihe, SULUT — Dalam melaksanakan kewajiban rukun Islam ke 5 bagi yang mampu maka Departemen Kementerian Agama Kabupaten Sangihe siap memberangkatkan 17 orang calon jamaah haji (Calhaj) ke Tanah Suci Mekah Al Mukarramah. Bahkan disebutkan, ternyata Calhaj itu mempunyai makna yang penting, yakni angka 17 merupakan Sholat Wajib sehari-semalam. Sehingga angka keramat itu mewarnai Islam, 1 Kabupaten Kepulauan paling ujung di Sulawesi Utara, 7 huruf dari Sangihe.

     Melihat dari minat dan kemampuan masyarakat Sangihe yang beragama Islam maka dari tahun ke tahun telah terjadi peningkatan bagi masyarakat muslim untuk melaksanakan rukun kelima tersebut. Calon Jamaah haji tersebut adalah 1. Kusmayadi Samalam 2. Salma Hassan 3. Maryam Bin Syeban 4. Salim Alhasni 5. Fatma Mosil 6. Safia Isya Bachmid 7. Abdul Kadir Taib Ransa 8. Mary Mandiangan 9. Nurkasan 10. Fachrudin Makaminan 11. Rostin Husain 12. Najip Badarudin 13. Kumaiyah 14. Jamal Utina 15. Sumadi 16. Parti 17. Arifin Hapit.

     Kepala Seksi Urais dan Penyelenggaraan Haji Departemen Kementerian Agama Kabupaten Sangihe Drs. Moh. Ali Muhsin kepada wartawan Metro Indonesia saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, bahwa calon jamaah haji dari kabupaten sangihe setiap tahun meningkat, sehingga pada tahun 2011 ini menjadi 17 orang.

     Biaya pemberangkatan para calon jamaah haji sebesar Rp.31.300.000 dengan mengambil standard Tahun 2010 dan dihitung dari tempat embarkasi (Balik papan) ke Mekah adapun dari daerah asal atau domisili para calon jamaah haji ke tempat embarkasi menjadi beban masing masing calon jamaah haji, sekembalinya dari menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekah  maka para calon jamaah haji akan dikembalikan biaya makan selama di Mekah sebesar Rp. 4.500.000.-

     “Departemen Kementrian Agama Kabupaten Sangihe pada Tahun 2011ini akan memberangkatkan 17 calon jamaah haji ketanah suci mekah Al Mukarramah dan jika dilihat dari minat dan kemampuan masyarakat muslim yang berada dikabupaten sangihe maka setiap Tahunnya terjadi peningkatan para calon jamaah haji,biaya haji pada Tahun 2011 mengambil standard Tahun 2010 yaitu sebesar Rp 31.300.000 dengan pengembalian sebesar Rp.4.500.000 sebagai uang makan selama berada di Mekah,” ujar Kepala Seksi tersebut.

     Sementara Kepala Departemen Kementrian Agama Kabupaten Sangihe Norman Stirman S.Pdi kepada wartawan Metro Indonesia mengatakan, merupakan suatu kebanggaan bagi Departemen Kementrian Agama Kabupaten Sangihe dimana setiap tahunnya terjadi peningkatan minat bagi masyarakat muslim yang mampu untuk menunaikan rukun ke 5 dalam rukun Islam, untuk itu Departemen Kementrian Agama Kabupaten Sangihe tak henti hentinya menghimbau masyarakat muslim yang mampu untuk segera melaksanakan ibadah haji.

     “Jika melihat peningkatan minat bagi masyarakat muslim yang mampu di Kabupaten Sangihe untuk melaksanakan ibadah haji dalam pelaksanaan rukun ke 5 dalam rukun Islam itu merupakan kebanggaan tersendiri bagi Departemen kami sehingga kami tidak henti hentinya mengimbau masyarakat muslim yang mampu untu segera bergegas melaksanakan ibadah haji tersebut,” ungkap Norman Stirman. (JANIS)

Kirim Komentar Anda...!!!

Komentar Anda Akan Kami Muat di Metro Indonesia.

 














© 2010 Surat Kabar Metro Indonesia OnLIne. All Rights Reserved 

This free website was made using Yola.

No HTML skills required. Build your website in minutes.

Go to www.yola.com and sign up today!

Make a free website with Yola