Pemimpin Dipilih Rakyat Bukan untuk Jadi Raja

 


]    Jambi — Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menyatakan masyarakat memilih pemimpin, baik gubernur, wali kota maupun bupati, termasuk anggota DPRD bukan untuk menjadi raja.

    "Masyarakat memilih kita menjadi pemimpin supaya mereka diurus dengan baik, dalam arti harus menjadi pelayan," katanya pada acara penandatanganan MoU pengintegrasian kurikulum lalu lintas di Jambi, beberapa waktu lalu.

    Ia mengatakan, hakekat hidup di negara berdemokrasi, pemimpin yang dipilih rakyatnya bukan untuk menjadi raja yang bisa bertindak semena-mena.
Hakekat demokrasi, pemimpin harus menjadi pelayan dan mengurus masyarakatnya dengan memberikan berbagai sarana dan infrastruktur yang dibutuhkan.

    Masyarakat pada hakekatnya tidak menginginkan hidup mewah, asal mereka bisa menyekolahkan anaknya dengan mudah dan murah, mampu memenuhi kebutuhan pangan, dan berobat juga tidak sulit. Itu sudah cukup mengembirakan, katanya.

    Gubernur mengatakan, bila kebutuhan dasar itu sudah terpenuhi, masyarakat tidak akan banyak protes dan akan mendukung semua program yang dilaksanakan pemerintah.

    Pemimpin juga harus menyadari dan malu, rumah dinas dan kendaraan dinas mewah beserta fasilitas yang mereka gunakan adalah uang rakyat. Untuk itu masyarakat harus diurus dengan benar.

    Fasilitas yang dibutuhkan masyarakat seperti air bersih, listrik, sarana transportasi yang baik dan lancar harus menjadi prioritas utama.
Wali kota dan bupati beserta unsur muspida dan DPRD harus bersinergi untuk mewujudkan berbagai program yang bertujuan meningkatkan harkat masyarakat.

    "Kita sebagai pemimpin harus menteladani kepemimpinan Nabi Muhammad dan sahabatnya, seperti Umar bin Khatab yang setiap malam berkeliling kampung melihat warganya yang menderita dan diberikan bantuan," kata HBA. (Dony)

Kirim Komentar Anda....!!!

Komentar Anda Akan Kami Muat di Metro Indonesia.














© 2010 Surat Kabar Metro Indonesia OnLIne. All Rights Reserved 

 

This free website was made using Yola.

No HTML skills required. Build your website in minutes.

Go to www.yola.com and sign up today!

Make a free website with Yola