Jamkesda Menyentuh Kehidupan Masyarakat Miskin 




Hanny Tandayu 



     Tahuna — Dalam rangka mengsejahterakan masyarakat di kabupaten sangihe yang terlebih masyarakat lapisan bawah alias masyarakat miskin maka pemerintah kabupaten sangihe dibawah kepimpinan Drs. Winsulangi Salindeho sebagai bupati memprogramkan jaminan kesehatan daerah dengan menganggarkan dalam APBD Kabupaten Sangihe sebesar Rp.3,8 M pada Tahun 2011 sehingga masyarakat miskin yang tidak terakomodir dengan jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) yang merupakan program pemerintah pusat dapat teratasi.

     Program ini sesungguhnya bekerja sama dengan dengan PT. ASKES. Perkiraan jumlah penduduk dikabupaten sangihe dikisaran 125.000 jiwa dimana masyarakat yang mendapat Jamkesmas dari pemerintah pusat sejumlah 54.826 jiwa, sementara masyarakat yang mendapat jaminan kesehatan lain yaitu askes pegawai negri sipil, TNI dan POLRI diperkirakan sejumlah 20.000 jiwa, yang 50.000 jiwa lainnya tidak mendapat jaminan kesehatan apapun bentuknya.

     Berdasarkan hal ini maka Pemerintah Kabupaten Sangihe  menetapkan 45.000 jiwa untuk diberi jaminan kesehatan daerah yang dibiayai oleh pemkab sangihe dan untuk 5000 jiwa dianggap keluarga mampu sehingga tidak perlu mendapatkan jaminan kesehatan daerah. Program ini telah dimulai sejak 1 Januari 2010 hingga sekarang ini.

     Hasil pemantauan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara bahwa kabupaten pertama di Sulawesi Utara yang melaksanakan Universal Coferage yaitu mengharuskan jaminan kesehatan bagi masyarakat  adalah kabupaten sangihe.

     Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sangihe Dr. Hanny Tandayu ketika ditemui wartawan Metro Indonesia diruang kerjanya mengatakan, program pemerintah ini sesungguhnya untuk mengatasi permasalahan masyarakat dari sisi kesehatan sehingga masyarakat mendapat suatu keringanan dan merasa  tidak terbeban dalam hidupnya.

     “Jamkesda ini merupakan program pemerintah dalam rangka mengatasi persoalan kesehatan pada masyarakat miskin, sehingga masyarakat tersebut tidak merasa terbeban untuk mengatasi masalah kesehatan,” ungkap Kepala Dinas kesehatan tersebut (Janis)

Kirim Komentar Anda....!!!

Komentar Anda Akan Kami Muat di Metro Indonesia.

















© 2010 Surat Kabar Metro Indonesia OnLIne. All Rights Reserved 

 

This free website was made using Yola.

No HTML skills required. Build your website in minutes.

Go to www.yola.com and sign up today!

Make a free website with Yola