Kadisdik Batam Muslim Bidin Berhasil Bangun Pendidikan


     BATAM, KEPRI — Sosok Kepala Pendidikan Kota Batam Drs. H. Muslim Bidin, tak bisa dipisahkan dan dunia pendidikan Kota Batam, belum lama Ini Kepala Dinas Pendidikan Batam,Muaslim Bidin Mengatakan,dan 1% ribu calon murid dalam PPDB (penerimaan Peserta Didik Baru) 2011, hanya 15 ribu yang tertampung.
     Pada tahun 2011 dari rencana akan dibangun 3 unit sekolah baru (USB), namun pada akhirnya terealisasi 1 (satu) USB, “Upaya yang kita lakukan menghadapi  persoalan ini,kita bangun 1 gedung sekolah baru,dan 47 ruang kelas baru,” kata Muslim.

     Dikatakan, jumlah sekolah di Batam sebanyak 873 unit,Terdiri dari 219 sekolah negeri dan 654 Swasta.Berdasarkan kategori, ada 12 Tk negeri, TK Swasta 178 unit ,dan RA 83 unit. Sd negeri 135 Unit, SD Swasta 139 unit SMP Negeri 45 Unit, SMP Swasta 63 Unit, SMA negeri 16 Unit, SMA Swasta 25 unit, SMK negeri  7 unit, dan 25 swasta, serta MA 1 Negeri dan 11 swasta.

     Jumlah ini kata Muslim,sudah cukup memadai,jika dibandingkan dengan jumlah penduduk batam. jumlah penduduk Batam saat ini satu juta, jadi menurut kami sudah memadai. “Dari jumlah ini, saya  pikir cukup memadai kalau membandingkan ke jumlah pendududk yang lebih sejuta dibatam,” ujar Muslim belum lama ini.

     Persoalan yang muncul dalam penerimaan siswa baru di Batam belum lama ini,dipengaruhi tiga hal.pertama, orang tua ingin anaknya sekolah dekat dengan rumah.Kedua,anak usia  sebelum 7 tahun dipaksa sekolah negri dengan alasan murah, dan lebih mudah menghadapi UN. Ketiga, orang tua memaksa agar masuk negeri,agar orang tua terhindar yang mahal jika bersekolah disekolah swasta.

     Untuk lebih tertibnya PPDB (Penerimaan Peserta Didik baru), Sebenarnya perlu komitmen bersama.antara orang tua,calon anak didik dan pihak sekolah. Kalau tak ada yang memaksakan kehendak, tentu tak akan terjadi hal-hal,  yang buruk, demikian pendapat Muslim Bidin.

     Pada bagian lain, mengutip peryataan belum lama ini, Ketua Dewan Pendidikan Batam, Hardy S Hood  mengatakan permasalahan pendidikan di batam adalah orang tua selalu mengganggap sekolah negri lebih bermutu dan murah dibandingkan swasta. Akibatnya keinginan bersekolah di negeri membludak, dengan kenyataan kini jumlah siswa 40-45 per  lokal. “Melihat standar pelayanan minimal jumlah siswa lebih dan 40 orang itu sudah tak layak.Idealnya 36-40 siswa,” ujar Hardy yang juga  Anggota  DPD (Dewan Perwakilan Daerah) asal Propinsi Kepri ini.

     Saat ini seluruh sekolah di Batam sudah berjalan dengan norma, dan tidak ada kendala berarti, pembangunan gedung sekolah terus bertambah, seiring dengan jumlah calon siswa yang saat ini masih menumpang di beberapa sekolah negeri yang lama. Jadi jika bangunan fisiknya sudah dibangun, maka pada penerimaan siswa baru pada tahun 2012, tidak ada kendala, sebab sudah diantisipasi.dan diharapkan sejumlah bangunan fisik sekolah telah selesai dibangun.

     Kepedulian Muslim Bidin memang tak perlu diragukan lagi, ini berarti kesuksesan Muslim Bidin dalam menjalankan tugasnya dan harapan masyarakat Batam. Tahun depan penerimaan siswa baru semakin tertib dan semua calon siswa bisa tertampung. (Arin Efendi)

 

Kirim Komentar Anda...!!!

Komentar Anda Akan Kami Muat di Metro Indonesia.













© 2010 Surat Kabar Metro Indonesia OnLIne. All Rights Reserved

 

This free website was made using Yola.

No HTML skills required. Build your website in minutes.

Go to www.yola.com and sign up today!

Make a free website with Yola