Kapolda Lampung Anggap Berita Mesuji Dibesar-besarkan 

Kapolda Lampung Brigjen Pol Jodie Roseto  

BANDARLAMPUNG - Kapolda Lampung Brigjen Pol Jodie Roseto menegaskan pembantaian warga yang dilaporkan warga ke Komisi III DPR tidak terjadi di Kabupaten Mesuji, Lampung. 

     "Tidak ada tindakan masif aparat dalam bentuk apa pun, apalagi sampai menewaskan warga di Mesuji," kata Jodie di Bandar Lampung, Kamis kemarin.
Menurut dia, apa yang beredar dipemberitaan terlalu dibesar-besarkan, dan merupakan informasi bias yang masih perlu didalami. Dia juga menjelaskan nama Mesuji memang terdapat di dua wilayah, yakni Mesuji Lampung merupakan Kabupaten Mesuji dan Kecamatan Mesuji yang masuk dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan.

     Hal senada diungkapkan Komandan Korem 043 Garuda Hitam Kolonel Amalsyah Tarmizi yang menyatakan bahwa rekaman video pembantaian yang dilaporkan warga Mesuji, bukan berada di wilayah Lampung, melainkan di Kecamatan Mesuji, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. “Kejadian itu bukan di Lampung, tapi di Kecamatan Mesuji, Sumatera Selatan," kata Amalsyah disaat pertemuan dengan media cetak dan elektronik di Aula Korem.

     Dia menjelaskan, kejadian di wilayah OKI yang disebut tragedi Sungai Sodong, menewaskan tujuh orang. Lima dari Pam Swakarsa perusahaan dan dua dari warga terjadi April 2011 lalu. Sedangkan di Kabupaten Mesuji, Lampung, juga terjadi bentrok warga dengan PT BSMI yang menelan satu orang tewas pada November 2011 lalu.

     Sebelumnya, sejumlah warga yang mengaku berasal dari Mesuji, Lampung, mengadu ke Komisi III DPR terkait upaya penggusuran oleh sebuah perusahaan kebun sawit asal Malaysia PT Silva Inhutani di Kabupaten Mesuji. Penggusuran tersebut menggunakan cara kekerasan yang menimbulkan korban jiwa hingga mencapai 30 orang tewas selama kurun waktu 1997  hingga 2011. (Tim Investigasi Metro Indonesia)

Kirim Komentar Anda....!!!

Komentar Anda Akan Kami Muat di Metro Indonesia.













© 2010 Surat Kabar Metro Indonesia OnLIne. All Rights Reserved

 

This free website was made using Yola.

No HTML skills required. Build your website in minutes.

Go to www.yola.com and sign up today!

Make a free website with Yola