Kelapa Sawit Desaria Plantition Terancam Gagal


    KAUR, BENGKULU — PT. Desaria Plantition yang berencana membuka perkebunan kelapa sawit seluas 16.400 Hektar di Daerah Kabupaten Kaur tepatnya di Kecamatan Kinal terancam gagal, pasalnya lokasi yang direncanakan tersebut  ditentang oleh masyarakat.

    Seperti yang di katakan oleh salah satu putera Daerah Kaur Sidi Hartono yang juga Penasehat LSM PBLH (Peduli Bencana dan Lingkungan Hidup) dan Ketua LSM Guntur Semaku Sarjan Ali beberapa waktu yang lalu, bahwa apabila hutan yang berada di Hulu Sungai Kinal tersebut dibuka, maka di Kinal akan terjadi bencana.

    “Ketika musim hujan, banjir besar akan jerjadi sehingga sawah-sawah masyarakat yang berada di pinggir air Kinal, Jalan dan Jembatan bahkan  desa Bunga Melur akan habis di hantam banjir bandang. Sebaliknya jika panas, air kinal akan menjadi kecil bahkan kering sehingga sawah milik petani tidak bisa digarap karena tidak ada air,” ujarnya.

    Kedua aktivis itu lebih lanjut saat di konfirmasi wartawan Metro Indonesia beberapa waktu yang lalu mengatakan, apabila Gubernur Bengkulu Agusrin Najamudin tetap menyetujui dan mengeluarkan SK Amdal yang di ajukan oleh Pt. Desaria Plantition, maka masyarakat Kinal akan demo.
Sementara menurut salah satu Manager Pt.Desaria Iskandar Harun beberapa bulan yang lalu, SK Amdal tersebut sudah disetujui dan sudah berada di mejanya padahal belum.

    Juga seperti yang di katakan oleh Hamdan Syafawi salah satu tim survey lokasi perkebunan ini, bahwa lahan seluas 5000 Hektar yang berada di hulu sungai Kinal memang sangat tidak layak untuk di jadikan kebun kelapa sawit karena hampir seluruhnya jurang dan tanahnya sangat dangkal. “Jadi apabila hutan itu dibuka pasti longsor, yang datar dan layak untuk dijadikan kebun hanya sekitar 1000 Hektar,” ungkapnya.

    Begitu juga dengan Mardian mantan Kepala Desa Gunung Megang, “Saya pesimis kalau Pt. Desaria ini akan serius untuk membuka perkebunan kelapa sawit". Lalu apa sebenarnya tujuan Pt.Desaria Plantition ini masuk ke wilayah Kabupaten Kaur?

    Menurut narasumber lain, lokasi tambang emas sesuai dengan peta SDA Kabupaten Kaur adalah  terletak di lokasi yang direncanakan untuk perkebunan kelapa sawit oleh Pt. Desaria Plantition tersebut. (Sumantri)

Kirim Komentar Anda...!!!

Komentar Anda Akan Kami Muat di Metro Indonesia.













© 2010 Surat Kabar Metro Indonesia OnLIne. All Rights Reserved

This free website was made using Yola.

No HTML skills required. Build your website in minutes.

Go to www.yola.com and sign up today!

Make a free website with Yola