Kelurahan Galur Bersih dari Narkoba

  Ceffi Hanafi S.Sos, MM Sebagai Pimpinan SGO Program Bedah Kampung & Pemberdayaan Warga

DR. Ing. H. Fauzi Bowo
Gubernur DKI Jakarta 

CEFFI HANAFI, S.Sos, MM
Lurah Galur 

Saat menerima penghargaan Prestasi Kerja Lurah di Tingkat DKI Jakarta, Lurah Ceffi berjabat tangan dengan Gubernur DR. Ing. H. Fauzi Bowo.


     JAKARTA – Warga yang baik, aman, tenteram dan sejahtera, tergantung dari sikap, prilaku dan kebijakan pimpinan di suatu daerah, sehingga lingkungan pun ikut terwujud menjadi baik dan cantik dengan sendirinya. Apalagi budaya orang timur atau nenek moyang Bangsa Indonesia, selalu menjurus kepada kebersamaan, semangat persatuan dan kesatuan tanpa membedakan satu dengan yang lainnya.

 


     Sikap baik dan kebijakan itulah yang diperlihatkan Ceffi Hanafi, S.Sos,MM selaku Lurah Galur, Kecamatan Johar Baru, Kotamadya Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta. Sebagai Pimpinan Kelurahan Galur, Bapak yang lahir 10 Mei 1963 itu sangat mengedepankan kepentingan warganya. Seperti di bidang pelayanan di kelurahan, kebersihan lingkungan, keamanan, sehingga suasana nyaman sangat terasa diantara warga yang berada di Kelurahan Galur itu.
Demikian ungkapan beberapa warga di Kelurahan Galur berbagai elemen yang berhasil dihimpun tim investigasi Metro Indonesia, baru-baru ini. Dimana wilayah Kelurahan Galur ini mempunyai 7 Rukun Warga (RW) dan 85 Rukun Tetangga (RT).

     “Dibanding lurah-lurah sebelumnya, Bapak Ceffi Hanafi memang seorang pemimpin atau biasa dipanggil Pak Lurah, selalu turba (turun kebawah -red) ke tengah-tengah warganya. Orangnya sangat gaul, bersahaja, wibawa dan banyak bertanya kepada warganya seputar lingkungan dan keamanan,” ujar Ujang dari warga RW 04 Galur.

     Menurut warga di RW lainnya, Lurah Ceffi Hanafi, disamping kebijakannya yang baik, juga penyaluran buku-buku untuk PKK diberikan secara cuma-cuma tanpa dipungut bayaran. “Dimana banyak warga di kelurahan lain, katanya ada yang membayar,” ujar warga di RW 01 tanpa menyebutkan namanya. Apalagi Kelurahan Galur ikut mensukseskan misi Jakarta Pusat, yakni mewujudkan pelayanan masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing global.

     Disamping itu, Ceffi Hanafi memang sangat dikenal di lingkungan warga Kelurahan Galur, karena Pria lulusan S2 itu mempunyai 3 (tiga) strategi. “Pak Lurah Ceffi Hanafi bisa menjadi sahabat, kemudian sebagai guru dan menjadi orangtua. Atau disingkat SGO-lah istilahnya,” tambah Ujang. Dari pantauan Metro Indonesia, penyaluran beras miskin (raskin) sebanyak 13.800 Kg, semua terpenuhi dan sesuai dengan prosedural yang diminta warga. Sedang penerima beras miskin (RTSPM) tersebut sebanyak 920 warga.

     Selain itu Kelurahan Galur ternyata mempunyai banyak prestasi unggulan se Jakarta Pusat dan Provinsi DKI Jakarta. Prestasi yang luar biasa salah satunya adalah “Lomba Kampung Kite Bersih dari Narkoba” yang diraih sebagai juara pertama di tingkat Provinsi DKI Jakarta. Bahkan disebut-sebut pula sebagai inisiator sebagai daerah perencanaan kali bersih se Provinsi DKI Jakarta. Juga berawal dari prestasi itu, Kelurahan Galur mempunyai program Bedah Kampung dan pemberdayaan masyarakat.

     Sedang di internal sendiri yang telah dilakukan yakni antara lain, membuat rumah kompos, taman bacaan warga, ‘Pergola” untuk tanaman gantung dan tanaman penghijauan. “Hal ini kami lakukan melalui door to door di lingkungan RT dan RW se kelurahan Galur. Alhamdulillah langsung direspon semua warga Galur,” ujar Ceffi Hanafi. Tidak hanya itu, tambah Lurah Ceffi Hanafi, pada tahun 2011 menggalang warga Galur untuk kali bersih yang ada di wilayah RW 01 dan 02. Inofasi ini dicetuskan Lurah Ceffi Hanafi untuk kali Sentiong Kelurahan Galur.

     Juga pengecetan dinding yang ada di jalan kecil (gang) di seluruh Kelurahan Galur. Dinding itu menjadi endokasi sebagai pembelajaran informasi kegiatan dari Pemda DKI pada tahun 2009. Disebutkan, bahwa Kelurahan Galur saat ini sedang mencanangkan batas-batas wilayah antar Kelurahan untuk kenyamanan, sehingga tidak terjadi kesimpang-siuran bagi masyarakat Jakarta Pusat.

     Beberapa nara sumber yang layak dipercaya menyebutkan kepada tim Metro Indonesia, bahwa Ceffi Hanafi telah mendapat restu untuk naik posisinya menjadi Sekretaris Kecamatan (Sekcam). “Pak Ceffi Hanafi sudah mendapat tiket untuk menjadi Sekcam dari Walikota Jakarta Pusat, namun kepastiannya saya ngga tau persis,” ujar sumber tadi tanpa mau menyebutkan jati dirinya itu. Tentunya Lurah Ceffi Hanafi termasuk sebagai pemimpin yang baik dan memang sangat di idam-idamkan masyarakat di Kelurahan Galur, Kecamatan Johar Baru. (tim)

 


NAMA    :    CEFFI HANAFI, S.Sos, MM
TEMPAT/TGL LAHIR    :    BANDUNG, 10 MEI 1963
NIP/NRK    :    196305101985031016/087036
PANGKAT/GOL    :    PENATA (III/C)
PENDIDIKAN    :    S2
ISTRI    :    Tavivi
ANAK    :    Hamba Bagjamunggaran
RIWAYAT PERKERJAAN
q    Staf Kependudukan Kel. Cikini tahun 1985
q    Staf Kependudukan Kel. Mangga 2 Sel tahun 1987
q    Staf Kependudukan Kel. Gunung Sahari Utara tahun 1989
q    Kasubsie Kependudukan Kel. Bungur tahun 1990
q    Kasubsie Kependudukan Kel. Paseban tahun 1995
q    Kaur Pemerintahan Kel. Paseban tahun 1999-2002
q    Sekretaris Kelurahan Kartini tahun 2002
q    Wakil Lurah Kebon Melati tahun 2006
q    Lurah Galur tahun 2009 s/d sekarang

 

Kirim Komentar Anda...!!

Komentar Anda Akan Kami Muat di Metro Indonesia.













© 2010 Surat Kabar Metro Indonesia OnLIne. All Rights Reserved

 

This free website was made using Yola.

No HTML skills required. Build your website in minutes.

Go to www.yola.com and sign up today!

Make a free website with Yola