Mantan KPK: Keputusan Audit Forensik Century Tepat


Erry Riana Hardjapamekas

    Jakarta — Mantan wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Erry Riana Hardjapamekas menyatakan bahwa keputusan untuk melakukan audit forensik terhadap Bank Century sudah tepat.

    Bahkan, Erry kepada wartawan di Jakarta Selasa mengatakan, keputusan yang baik tersebut seharusnya sudah dilakukan sejak Pansus Bank Century gagal menemukan fakta hukum yang sah dan sangat meyakinkan.

    "Sejak lama saya berpendapat bahwa audit investigatif yang telah dilakukan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) ditindaklanjuti dengan audit investigatif, khusus berkenaan dengan aliran dana dari dan ke Bank Century sebelum dan sesudah dilakukan penyelamatan (bail out)," ujarnya seperti dilansir Antara.

    Apakah dalam proses audit investigatif itu nanti diperlukan audit forensik atau tidak, menurut dia, ditetapkan oleh para auditor pelaksana. Tujuan audit forensik akan lebih jelas, untuk menemukan apakah ada aliran dana kepada pihak-pihak tertentu yang erat kaitannya dengan partai politik atau oknumnya.
Hasil audit investigatif, bergantung pada kualitas temuannya, tentu dapat menjadi bukti atau fakta hukum. "Sekurang-kurangnya dapat mejadi bukti awal guna ditindaklanjuti oleh para penyelidik dan penyidik penegak hukum, apakah itu Polri atau pun KPK".

    Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar usai menghadiri "Kampanye HAM 2010 bagi Pelajar SMA se-DKI Jakarta" Minggu (12/12) mengatakan bahwa apa pun yang dihasilkan dari audit forensik Bank Century dapat dijadikan bukti bagi penegak hukum.

    Namun demikian Pemerintah memutuskan melakukan audit forensik Bank Century atas permintaan dari dewan. Dan penunjukan auditor akan diserahkan kepada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). (ant/Beni)

Kirim Komentar Anda...!!

 Back


 












© 2010 Surat Kabar Metro Indonesia OnLIne. All Rights Reserved

 

This free website was made using Yola.

No HTML skills required. Build your website in minutes.

Go to www.yola.com and sign up today!

Make a free website with Yola