Panwaslu Periksa Dua Anggota KPU Banten

Hj. Ratu Atut Chosiyah


     Serang, Banten — Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Banten meminta keterangan Ketua KPU Banten Hambali dan Pokja Pemungutan dan Penghitungan Suara KPU, Nasrullah, terkait formulir C1, C2 dan 'soft ware' yang digunakan dalam Pilgub Banten.

     Ketua Divisi Pengawasan Dan Humas Panwaslu Banten, Sabihis, di Serang, Senin, mengatakan, pihaknya meminta keterangan komisioner KPU Banten mengenai masalah software khusus dan kertas rekapitulasi surat suara atau lampiran form C1 KWK (kepala daerah dan wakil kepala daerah yang salah cetak dan tidak sesuai Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2010, tentang Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dan form C2 ukuran atau kertas plano).

     "Kami belum bisa menyimpulkan hasil pemeriksaan karena belum semua anggota KPU Banten kami mintai keterangan," kata Sabihis.
Menurut dia, Panwaslu meminta keterangan KPU Banten apakah ada unsur kesengajaan dalam mencetak Form C1 KWK yang tidak sesuai dengan Peraturan KPU tersebut, serta menanyakan apakah cetak ulang form C1 sehari menjelang pemungutan suara tersebut sampai ke KPU kabupaten/kota, PPK, PPS dan KPPS seluruh Provinsi Banten.

     Selain itu, Panwaslu juga menanyakan terkait penggunaan 'soft ware' khusus untuk rekapitulasi data secara elektronik yang diduga sengaja digunakan untuk menguntungkan salah satu pasangan calon tertentu. "Pengakuan Ketua KPU Banten cetakan form C1 yang tidak sesuai aturan itu, tidak ada unsur kesengajaan. Begitu juga dengan soft ware khusus, KPU Banten sifatnya hanya menyarankan kepada KPU kabupaten/kota, sehingga tidak semua menggunakannya," kata Sabihis.

     Namun demikian, pihaknya masih akan mendalami dugaan pelanggaran tersebut dengan meminta keterangan anggota KPU lainnya, sebelum diputuskan Panwaslu. Usai dimintai keterangan Panwaslu, Ketua KPU Banten Hambali tidak mau berkomentar seputar keterangan yang disampaikannya. Namun demikian, ia membenarkan bahwa pemeriksaan dirinya oleh Panwas terkait formulir C1 KWK dan soft ware khusus untuk rekapitulasi secara elektronik yang digunakan KPU kabupaten/kota. (Linda)

Kirim Komentar Anda...!!!

Komentar Anda Akan Kami Muat di Metro Indonesia













© 2010 Surat Kabar Metro Indonesia OnLIne. All Rights Reserved

 

This free website was made using Yola.

No HTML skills required. Build your website in minutes.

Go to www.yola.com and sign up today!

Make a free website with Yola