DPR - RI: Pemerintah Hendaknya Perhatikan Lapas Over Kapasitas Sumut


     Medan, Sumut — Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Benny K Harman mengatakan pihaknya akan merekomendasikan kepada pemerintah supaya lebih memperhatikan keadaan Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanaan Negara di Sumatera Utara. “Kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) di daerah itu benar-benar memprihatinkan dan para penghuninya sudah over kapasitas,” katanya kepada wartawan di Medan, Selasa.

     Hal tersebut ditegaskannya usai melakukan kunjungan ke Lapas Klas I dan Rutan Tanjung Gusta Medan dan pertemuan dengan Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara Baldwin Simatupang. Keadaan narapidana (napi) dan para tahanan yang menghuni Lapas dan Rutan tersebut, menurut dia, sangat padat,sempit, serta berdesak-desakan, hal ini terkesan tidak manusiawi. “Kalau dilihat membludaknya para penghuni Lapas dan Rutan di kota Medan, ini bukan tempat pembinaan bagi napi dan tahanan,” katanya.

     Oleh karena itu, menurut dia, pemerintah perlu memikirkan Lapas dan Rutan yang tidak mampu lagi lagi warga binaan tersebut. Bahkan, jelasnya, perhatian pemerintah mengenai Lapas dan Rutan yang ada di wilayah hukum Sumatera Utara sangat sedikit, ini perlu menjadi perhatian serius, karena ini menyangkut nasib dan keselamatan narapidana dan tahanan. "Para narapidana dan tahanan itu harus diperlakukan secara manusiawi, dan tidak bisa dibeda-bedakan," ujarnya.

     Sedangkan, mengenai maraknya peredaran narkoba di dalam Rutan dan Lapas Medan, Benny mengatakan telah meminta Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumut menertibkannya secara ketat. (Tim)

 

Kirim Komentar Anda...!!!

Komentar Anda Akan Kami Muat di Metro Indonesia.













© 2010 Surat Kabar Metro Indonesia OnLIne. All Rights Reserved

 

This free website was made using Yola.

No HTML skills required. Build your website in minutes.

Go to www.yola.com and sign up today!

Make a free website with Yola