Proses Pemilihan Kapitalaung Pintareng Berjalan Mulus

Drs. T. Kawasa

    Sangihe — Proses pesta demokrasi Kampung Pintareng Kecamatan Tabukan Selatan Tenggara berjalan sesuai seperti diharapkan masyarakatnya. Sejak 19 Maret 2010 panitia pemilihan tersebut dibentuk serta melakukan tugas sebagaimana yang telah diatur dengan perda 2 Tahun 2008 dan dituangkan dalam peraturan kampung bersama Majelis Tua tua Kampung bahwa panitia wajib melakukan pendaftaran bakal calon dan menetapkan calon setelah diseleksi kemudian mengusulkan kepemerintah kabupaten dimana tupoksinya Bagian Pemerintahan Desa.

    Tanggal 8 Oktober 2010 puncak pesta demokrasi masyarakat Pintareng dengan menghasilkan Jon K. Makagansa terpilih menjadi Kapitalaung (Kades) kampung Pintareng dengan mengantongi 214 suara mengungguli dua kandidat lainnya yaitu Anselmus Kotika 201 suara, Heronimus Oding 77 suara.
Ketua panitia pemilihan Pdt Ny. Makagansa Makaminan saat ditemui wartawan Metro Indonesia  mengatakan, hasil pemilihan Kapitalaung ini benar benar berjalan seperti yang diharapkan tanpa ada halangan yang berarti karena semua pihak menjunjung tinggi hak hak demokrasi dari masyarakat dan juga kerja sama antara panitia dan unsur aparat kampung maupun kecamatan yang terjalin baik.

    “Pemilihan Kapitalaung Kampung Pintareng Kecamatan Tabukan Selatan Tengah telah berakhir dengan baik tanpa ada permasalahan apa apa seperti yang diharapkan oleh masyarakat, inipun karena kerja sama yang baik antara panitia dan aparat kampung dan kecamatan,” ujar ketua panitia.
Jon K. Makagansa sebagai salah seorang kandidat yang memenangkan pemilihan ini ketika ditanyakan tentang keberhasilannya terpilih menjadi kapitalaung kampung pintareng kepada wartawan Metro Indonesia menjelaskan, semua itu karena dukungan  masyarakat yang mempercayainya memimpin pemerintahan di Kampung Pintareng.

    “Keberhasilan saya itu karena dukungan dari masyarakat yang telah mempercayai saya untuk menjadi seorang pemimpin pada pemerintahan dikampung pintareng, ini juga tidak lepas dari anugrah Maha Besar Tuhan yang diberikan pada saya untuk melaksanakan tugas yang mulia ini,” ungkap Jon penggilan akrab kandidat tersebut dengan penuh kerendahan hati.

    Sementara Kepala Bagian Pemerintah Desa (Kabag Pemdes) Kabupaten Sangihe Drs. T. Kawasa saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, acara pemilihan Kapitalaung Kampung Pintareng dapat dijadikan contoh bagi kampung lain, karena masyarakat sangat menghormati terhadap keputusan panitia tentang hasil pemilihan, yang terpenting bagi yang terpilih menjadi pemimpin dapat mempelopori pembangunan kampung.

    “Saya sangat bangga dengan masyarakat Kampung Pintareng karena masyarakatnya sangat menghormati keputusan Panpel, juga bukan persoalan siapa yang menang, tentunya Bung Jon K. Makagansa kiranya dapat menjadi pelopor untuk membangun Kampung Pintareng. Yang jelas tata cara pesta demokrasi seperti ini menjadi contoh bagi kampung lainnya,”  ujar Drs. T. Kawasa. (JANIS/GODFRIED)

Kirim Komentar Anda..!!

Back 












© 2010 Surat Kabar Metro Indonesia OnLIne. All Rights Reserved

This free website was made using Yola.

No HTML skills required. Build your website in minutes.

Go to www.yola.com and sign up today!

Make a free website with Yola