Kedatangan PT Desaria Plantition Bikin Resah Masyarakat


    KAUR, BENGKULU — Rencana perkebunan kelapa sawit seluas 16.400 Hektar oleh PT. Desaria Plantition terutama yang lokasinya di Kecamatan Kinal seluas 5000 Hektar terancam gagal, pasalnya beberapa tokoh masyarakat dan LSM menentang rencana tersebut. Karena apabila hutan untuk lokasi perkebunan yang berada di ulu sungai Kinal itu di buka, maka akan terjadi bencana besar.

    Di saat musim panas air kinal akan menjadi kecil bahkan kering sehingga sawah sawah masyarakat yang berada di sekitar sungai kinal tidak bisa di garap, dan di saat musim hujan akan terjadi banjir bandang yang akan menghabiskan sawah sawah tersebut, bahkan jalan, jembatan dan desa bunga melur akan hanyut. Selain itu lahan yang direncanakan tersebut banyak tempat tempat yang sakral yang memang tidak boleh di buka.

    Untuk mencegah bencana itu terjadi, maka beberapa toko masyarakat dan LSM mengirim surat kepada Gubernur Bengkulu Agusrin Najamudin untuk tidak mengeluarkan dan menanda tangani SK Amdal yang di ajukan oleh pihak Pt. Desaria Plantition.

    Karena seperti yang telah terjadi selama ini yang seharusnya di kecamatan kinal tidak boleh ada galian C, akan tetapi oleh pemerintah daerah kabupaten kaur kegiatan tambang galian C tersebut diberikan ijin, akibatnya jalan dan jembatan menuju Kecamatan Kinal rusak parah, apalagi ketika musim hujan akses jalan menuju Kecamatan Kinal lumpuh total karena air sungai lantung yang tadinya ada jembatan putus dan air tersebut meluap menghadang jalan.

   Sampai saat ini belum ada tanda tanda pemerintah daerah kaur untuk memperbaiki jalan dan jembatan tersebut. Kemampuan jalan tersebut memang tidak seimbang untuk menahan beban kendaraan yang membawa puluhan ton dari hasil galian C. Untuk itu masyarakat dan 1SM menuntut pemerintah agar segera memperbaiki. (Sidi)

Kirim Komentar Anda..!!












© 2010 Surat Kabar Metro Indonesia OnLIne. All Rights Reserved

This free website was made using Yola.

No HTML skills required. Build your website in minutes.

Go to www.yola.com and sign up today!

Make a free website with Yola