SD 199/III Memprihatinkan

Tangkap Kontraktor Bangunan


    KERINCI — Pembangunan gedung Pustaka Sekolah dasar SD 199/III (red.142/III nama baru) desa Pengasi Lama Kecamatan batang Merangin Kabupaten Kerinci TA.2010 dari dana non DDR DAK hasilnya sangat mengkhawatirkan. Pasalnya kondisi kerinci rawan gempa akan membawa dampak buruk bagi-anak didik disekolah ini nantinya.

     Kontraktor pembangunan pustaka sekolah ini dilansir terlalu banyak ambil keuntungan. Nilai aspek moral sepertinya tidak terpikirkan oleh pelaksana/kontraktor, lantaran hasil bangunan tidak mengindahkan dampak negatif ketika anak-anak didik menggunakan gedung ini nantinya.
Hasil pantauan tim investigasi Metro Indonesia sekolah yang sudah berumur tua ini sangat memprihatinkan, dan menjadi bulan-bulanan keruk keuntungan para kontraktor jika ada bantuan pembangunan di sekolah ini.

    Warga desa ini katakan bahwa beberapa kali mendapat bantuan pembangunan disekolah ini selalu saja hasilnya buruk. Misal DAK TA.2004 hasilnya sangat tidak memuaskan bahkan permasalahan sampai kepihak hukum, namun mengendap. “Tahun 2008 mendapat bantuan rehab dari APBD provinsi dilaksanakan oleh CV. ANOM, dan hasilnya sangat menyakitkan”, tukas masyarakat desa ini.

    “Bapak-bapak dapat lihat sendiri buktinya sampai saat ini, karena untuk kabupaten kerinci bagian hilir khususnya kecamatan Batang Merangin Kabupaten Kerinci, sekolah inilah setiap mendapat bantuan selalu saja pelaksana memanfaatkan untuk cari untung. Mereka itu (pelaksana-red) mengangap status sosial dan ekonomi kami rendah, jadi selalu saja dianggap enteng, padahal sekolah ini termasuk sekolah tua di Kerinci bagian hilir”, ujar warga kepada wartwan Metro Indonesia.

    Dikatakannya lagi bahwa Bupati kerinci H.Murasman diperkirakan Agustus 2009 ketika berkunjung ke desa ini telah memberikan warning. Dihadapan para orang tua warga desa ini mengatakan, masyarakat agar tidak sungkan-sungkan untuk mengadukan terkait kondisi sekolah ini termasuk termasuk pemalasnya kepsek dan para guru untuk mengajar disekolah ini pada tahun itu. Sebab pada hari Jumat dan Sabtu dominan tak ada proses belajar mengajar, kalaupun ada pulangnya dipercepat dengan berbagai alasan.

    Namun kondisi pemalasnya kepsek/guru pada tahun ini sudah ada perobahan. Bahkan masyarakat diharapkan membuat pengaduan jika secara fisik bantuan pembangunan didesa ini tidak becus. “Pokoknya SD ini termasuk Sekolah tua dan terburuk di kerinci bagian hilir, karena mereka para oknum mungkin saja menganggap desa ini mudah ditipu”, tukas warga desa menutup kalimatnya.

    Dari hasil pantauan pondasi pembangunan pustaka yang dikerjakan saat ini oleh CV. Taman Kerinci Seblat menggunakan pondasi bangunan lama yang kondisinya sangat rapuh. Disamping rapuh lumayan tinggi dari permukaan tanah, hingga dikhawatirkan warga jika bangunan berdiri diatasnya akan roboh. Lagi pula secara teknis tidak adanya kesenyawaaan dengan bangunan berdiri diatasnya.

    Besi tiang digunakan besi 10 KSI sebanyak 4 buah padahal dalam RAB hasil komparasi dengan bagunan DAK pada SD lain seharusnya 6 buah besi (klarifikasi konsultan pengawas-red), ukuran cincin tiang sangat kecil. Kadis Pendidikan Kabupaten Kerinci Mat Seri dan PPTK/Kabid TK/SD/SMP Buzarman diberitahukan menanggapinya, (16/11) mereka langsung memantau lokasi SD ini. Mereka membenarkan hal ini, dan berjanji akan CCO/adendum hasil bangunan. 

    Lain lagi halnya jawaban konsultan pengawas Elwin (22/11), bahwa beliau menyuruh pelaksana agar bongkar bangunan itu kembali agar diperbaiki. Tapi sampai saat ini pelaksana sepertinya tidak peduli. Padahal Hasil klarifikasi dengan pelaksana Irwandi, ia berjanji akan merobah bangunan itu.
Ditempat terpisah Dewan Kabupaten Kerinci Subur Budiman dari partai Hanura daerah pemilihan I, kabupaten kerinci bagian hilir berjanji akan menyikapi hal ini. Dengan sedikit nada kesal Subur katakan kekoran ini bahwa pertanyakan para konsultan proyek DAK kabupaten kerinci, apakah bekerja atau tidak. Karena konsultan dibayar APBD kerinci seluruhnya 200 juta rupiah.

    Sedangkan anggota Dewan Afrizal di Dapil yang sama suruh naikkan berita. Semula konfirmasi pada Afrizal tidak tahu menahu siapa pelaksana proyek, karena didesak akhirnya mengakui pelaksana itu adalah adiknya sendiri, dan ia suruh naikan berita kalau proyek itu tak becus.

   Tanggapan beberapa anggota Dewan lain untuk Dapil I- kerinci hilir belum diklarifikasi koran ini, namun untuk anggota dewan “Sofyan Hasyim” didapil yang sama, masyarakat desa ini sangat mengharapkan keprihatinannya, karena Sofyan mendapat suara terbanyak didesa lokasi SD ini ketika bursa Caleg sebelumnya dan pernah dimintai janji oleh masyarakat agar memerhati sekolah desa ini.

    Dari 54 paket DAK TA.2010 untuk SD sekabupaten kerinci dikerjakan oleh pihak III. Diduga paket DAK ini terlalu banyak titipan oknum aggota dewan, dengan fee yang sangat dominan persentatif, hingga dana menciut menjadi kecil. “20 paket proyek DAK ini saja titipan Irmanto anggota dewan”, kata orang berkepentingan didalam kepengurusan DAK ini.

    Sumber kontraktor juga sebutkan bahwa ketua panitia tender DAK 2010 kabupaten kerinci dari dinas PU tidak punya sertifikasi syah sebagai panitia, karena sudah habis masa berlakunya 2 tahun berlalu. (Jhontech/ Doni)

Kirim Komentar Anda..!!!

Komentar Anda Akan Kami Muat di Metro Indonesia.












© 2010 Surat Kabar Metro Indonesia OnLIne. All Rights Reserved


This free website was made using Yola.

No HTML skills required. Build your website in minutes.

Go to www.yola.com and sign up today!

Make a free website with Yola